Beranda » Ada 8 Manfaat Membaca Alqur’an bagi Umat Muslim

Ada 8 Manfaat Membaca Alqur’an bagi Umat Muslim

Bagi mereka yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, Allah tetap berikan dua pahala.

by Hiru Muhammad
membaca alqur'an

BISNISTIME.COM,JAKARTA-– Manfaat membaca Alqur’an dengan baik dan benar  bagu umat muslim sangat penting.  Hal itu sangat dibutuhkan karena isi di Alqur’an sangat lengkap mengatur segara persoalan hidup yang dihadapi manusia dan memberikan solusinya. Bagi mereka yang menjalani hidup dengan panduan Alqur’an tentunya akan selamat hidup di dunia dan akhirat.

Berikut ini 8 manfaat membaca Alqur’an yang perlu Anda ketahui

1. Pahala berlipatganda

Barangsiapa yang membaca AlQur’an, Allah SWT akan memberikan pahala berlipatganda. Meski sebagain manusia, kita masih memiliki banyak kekurangan saat membacanya.

Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai pahala yang diperoleh dari kegiatan membaca Al-Quran ini, yakni “Allah SWT berfirman, ‘Barangsiapa menyibukkan diri untuk membaca Al-Quran sehingga lupa untuk berdoa dan memohon kepada Ku, Aku memberinya pahala yang lebih utama daripada pahala orang-orang yang bersyukur.’” (HR. At-Tirmidzi)

Bagi mereka yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, tidak boleh bersedih, sebab Allah tetap berikan dua pahala.
Rasulullah bersabda, “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

Syekhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam kitabnya, Riyaadhus-Shaalihiin, menjelaskan keutamaan Membaca Alqur’an. Di antaranya Alqur’an akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat untuk para pembacanya.

Orang yang mempelajari dan mengajarkan Alqur’an merupakan sebaik-baik manusia. Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari alqur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi). Bagi orang-orang yang mahir membaca Alqur’an, maka kelak ia akan bersama para malaikat-Nya.

2. Diselamatkan Saat di Akhirat

Derajat orang yang selalu menyibukkan diri untuk membaca Alqur’an akan dinaikkan apalagi saat hari penghisaban di hari kiamat kelak. Derajat mereka akan selalu naik ke tempat atas yakni surga.

Rasulullah SAW bersabda, ada tiga orang yang pada hari kiamat berada di atas bukit pasir dari kesturi hitam tanpa disentuh ketakutan dan tidak dikenal penghisaban hingga penghisaban kepada semua manusia selesai. Pertama, orang yang membaca Alqur’an karena mengharapkan ridha dari Allah Azza wa Jalla. Kedua, orang yang mengimami sekelompok orang dengan membacanya dan mereka ridha kepadanya.

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tersebut, dapat dikatakan seseorang yang selalu membaca Al-Quran dengan mengharapkan ridha dari Allah SWT maka kelak saat hari kiamat akan diselamatkan dari hari penghisaban.

3. Menjadi Obat Terbaik Saat Sakit
Membaca kitab suci Alqur’an membuat perasaan, hati, dan pikiran kita menjadi tenteram. Karena dalam kitab suci Alqur’an, ayat-ayatnya mengandung kenikmatan dan keindahan yang dapat dirasakan ahli Alqur’an.

Imam Al-Suyuthi, dalam Al-Itqan, berpendapat mengenai adanya dua puluh lima keistimewaan yang ada di sebuah kitab suci Alqur’an. Beliau berkata, “Ibnu Majah dari lain-lain meriwayatkan bahwa Ibn Mas’ud berkata, ‘Hendaklah kalian berobat dengan Alquran’ dan madu.

Selain itu, dalam hadist lain juga menyebutkan mengenai manfaat Alqur’an yang dapat menjadi obat terbaik saat sakit, yakni “Obat terbaik adalah Alqur’an”.

 

dok foto foto pribadi Ustad Farid

4. Allah SWT Memberkahi Rumah

Rumah yang kita tinggali, apabila sering kita bacakan ayat suci Alqur’an, tentu akan diberkahi Allah SWT. Apabila anggota keluarga yang berada di rumah selalu membuka dan membaca AlQur’an maka rumah tersebut seolah bercahaya terang karena ibadah tersebut.
Amr bin Al-’Ash berkata bahwa “Setiap ayat dalam Alqur’an merupakan satu tingkatan di surga dan pelita di rumah kalian.”

5. Dijauhkan dari Setan
Setan atau jin merupakan makhluk Allah yang senantiasa akan mengganggu keimanan kita. Namun, hal tersebut dapat kita cegah dengan membaca Alqur’an.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Jin pernah berkata kepadaku, ‘Jika kamu hendak tidur, bacalah ayat Al-Kursi. Dengan demikian, kamu akan senantiasa dalam lindungan Allah dan setan tidak dapat mendekat kepadamu hingga subuh.” Rasulullah SAW juga bersabda mengenai hal tersebut, yakni “Tentang hal ini, jin itu benar, padahal ia sering berdusta.” (HR. Al-Bukhari)

6. Membuat Hati Menjadi Tenang
Rajin membaca Alqur’an akan membuat hati menjadi tenang. Ibn ‘Abbas r.a meriwayatkan bahwa Rasullah SAW bersabda, “Jika kamu merasa was-was, bacalah ayat: Dialah Yang Mahaawal dan Yang Mahaakhir, Yang Mahazahir dan Yang Mahabatin, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu (QS Al-Hadid [57]: 3)” (HR Abu Dawud).

7. Berisi Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan yang berkembang pada zaman dahulu dan zaman sekarang, semuanya terdapat dalam Alqur’an dengan lengkap. Ibn Mas’Ud berkata, jika kalian menginginkan ilmu pengetahuan, kaji dan pahamilah AlQur’an karena di dalamnya terdapat pengetahuan orang-orang dari generasi dahulu dan generasi mendatang.

8.Doa dikabulkan

Tidak semua doa yang kita minta kepada Allah SWT dikabulkan. Karena Allah SWT maha mengetahui apa yang baik dan tidak baik bagi umatnya. Apa yang sudah direncanakan terkadang hasilnya tidak sesuai harapan. Hal itu terjadi karena apa yang telah manusia kerjakan dapat menghancurkan dirinya sendiri kelak.

Sa’ad bin Abi Waqqash meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Doa Dzun Nun (Nabi Yunus AS) ketika berada di dalam ikan paus adalah, ‘La ilaha illa Anta, subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin, tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menganiaya diri sendiri.’ Jika seorang Muslim berdoa dengan ini untuk memohon sesuatu, Allah pasti mengabulkannya.” (HR Al-Tirmidzi dalam Al-Hakim).

Apabila kamu ingin doa-doa yang kamu panjatkan kepada-Nya, didengar oleh-Nya, rajinlah membaca Al-Quran. Namun, tidak sedikit dari umat muslim yang belum fasih dalam memperoleh manfaat dari membaca Alqur’an. Kini ada kesempatan membaca Alqur’an dalam waktu 30 menit dan benar. Kegiatan tersebut akan dibimbing langsung ustad Achmad Farid Hasan selama 8 jam. Informasi pendaftaran dapat menghubungi bapak Farid 0813 8568 7878 atau Maqbul 0813 1432 8209.

 

 

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds