Beranda » Mitra Bukalapak Rambah Sumatera Tingkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan Pemilik Warung

Mitra Bukalapak Rambah Sumatera Tingkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan Pemilik Warung

Komunitas ini telah merangkul ratusan ribu pemilik warung yang tersebar di lebih dari 50 kota/kabupaten di tanah air.

by Hiru Muhammad
miotra bukalapak

BISNISTIME.COM, JAKARTA-– Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) unggulan dari Bukalapak, konsisten memberdayakan pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia dengan memperluas cakupan kegiatan Spesial Kumpul Juwara (SKJ) ke Medan (18/05).

SKJ kali ini fokus pada edukasi pemilik warung untuk mendorong inklusi keuangan melalui ekspansi produk virtual serta meningkatkan literasi  keuangan mereka lewat sosialisasi pembayaran non-tunai di area-area terkecil termasuk warung dan agen pulsa.

“Dalam kegiatan SKJ ini, kami harap pemilik warung dapat meraup keuntungan lebih besar hingga tiga kali lipat berkat transformasi dengan produk virtual,” kata kata Gitaditya Witono, AVP Brand Marketing dan Partnership Mitra Bukalapak dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Pengetahuan yang didapatkan juga diharapkan dapat ditularkan melalui komunitas terdekatnya dan mempercepat peningkatan angka literasi yang ada.  Sehingga, kesuksesan mereka dapat memberi dampak berkelanjutan, menginspirasi pemilik warung lainnya untuk lebih canggih berbisnis.

SKJ merupakan salah satu dari program edukasi dengan pendekatan Dari Mitra untuk Mitra yang diinisiasi Komunitas Juwara, komunitas pemilik warung terbesar di Indonesia. Komunitas ini telah merangkul ratusan ribu pemilik warung yang tersebar di lebih dari 50 kota/kabupaten di tanah air. Sepanjang tahun lalu, SKJ berhasil merambah 12 kota/kabupatendan berlanjut di Sidoarjo, Malang, Medan, serta Pekan baru (23/05) pada tahun ini.

Keputusan Mitra Bukalapak untuk merambah Sumatera merupakan respons terhadap kebutuhan warung yang masih belum terdigitalisasi di sana. Banyak warung masih menggunakan pembayaran tunai sebagai metode utama. Menurut laporan East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2023, Sumatera Utara menempati peringkat 13 secara nasional dalam adopsi e-wallet, menunjukkan masih banyak potensi yang perlu dikembangkan di area tersebut untuk meningkatkan literasi pembayaran digital.

Selain itu, warung-warung di daerah ini masih bergantung pada penjualan barang-barangkonvensional, seperti barang kebutuhan sehari-hari yang bersifat fisik. Mitra Bukalapak memiliki komitmen kuat dalam mentransformasi warung menjadi agen inklusi keuangan dan digital. Komitmen tersebut diwujudkan melalui penyediaan beragam produk virtual dan keuangan, serta edukasi berkala bagi pemilik warung melalui program komunitas seperti SKJ.

Dengan adanya puluhan fitur produk virtual yang tersedia, warung dapat memfasilitasipembayaran tagihan,pengisian saldo e-wallet, transfer antar bank, dan pembelian pulsa secara lebih mudah. Variasi ini memberikan kesempatan bagi pemilik warung untuk meningkatkan jumlah pelanggan, terutama di daerah-daerah yang minim akses ke bank dan minimarket.

dok foto: mitra bukalapak

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds