Beranda » Teknik Operasi Phaco Dapat Sembuhkan Katarak

Teknik Operasi Phaco Dapat Sembuhkan Katarak

Operasi yang dilakukan tanpa melakukan sayatan sedikitpun.

by yadi djadie
Teknik Operasi Phaco Dapat Sembuhkan Katarak

BISNISTIME.COM, JAKARTA — Teknik operasi phaco merupakan operasi yang dilakukan tanpa melakukan sayatan sedikitpun. Keilmuan yang berkembang saat ini meyakini bahwa penyembuhan katarak bisa dilakukan melalui teknik phaco. Tidak terbayang jika operasi yang melibatkan organ mata itu harus menerima sayatan, Kamis (04/7/2024).

Pada pengobatan katarak dengan jalur operasi, metode yang digunakan disebut dengan phaco emulsifikasi. Maksudnya adalah operasi dijalankan menggunakan laser dengan tujuan mengangkat katarak pada mata. Operasi dari awal sampai akhir sama sekali dilalui tanpa menggunakan pisau bedah.

Operasi phaco pada penderita katarak memiliki ragam kelebihan, di antaranya sayatan tetap ada tapi kecil, proses operasi sangat cepat, tidak ada jahitan yang ditinggalkan, dan rasa sakit akan diminimalisir. Banyak lagi kelebihan lainnya yang bisa dirasakan oleh para penderita katarak.

Orang yang menjalani operasi katarak dengan mesin phaco dapat memulihkan penglihatan dan fungsi mata dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Katakanlah biaya operasi mata ini lebih mahal karena canggihnya mesin yang digunakan. Namun, jika menghitung biaya inap di rumah sakit, tentu lebih hemat.

Pasalnya pasien yang menjalankan operasi katarak phaco akan lebih cepat diizinkan pulang, dibandingkan pasien yang menjalani operasi konvensional. Keuntungan dan kekurangan itu ada pada tarafnya masing-masing. Semua tinggal bergantung Anda, jika mengalami katarak hendak menempuh metode penyembuhan apa.

Operasi Konvensional untuk Menyembuhkan Katarak

Sebelum  operasi phaco untuk menyembuhkan katarak dilakukan, terlebih dahulu dunia medis sudah melakukan operasi katarak dengan jalan konvensional. Operasi katarak konvensional disebut dengan ECCE atau extra capsular cataract extraction. Tujuan dari operasi ini jelas untuk menjernihkan penglihatan.

Baik penyembuhan melalui operasi konvensional dan phaco sama-sama menanam lensa IOL atau intra ocular lens. Prosedur operasi konvensional terbagi menjadi 3 tahap, yaitu anterior capsulotomy, nucleus expression, dan yang terakhir adalh tahapan pembersihan cortex.

Pasien yang menjal;ani operasi konvensioanl diharuskan memerhatikan beberpa hal pasca operasi. Hal-hal tersebut di antaranya melindungi mata dari debu, sinar matahari, dan kucekan tangan. Orang yang sehabis operasi juga tidak diperkenankan mengangkat beban berat serta menggerakkan kepala dengan hebat.

Operasi konvensional vs operasi phaco pada penderita katarak sama-sama harus menghindari asap rokok dan segala hal yang berbentuk polusi. Setidaknya hal ini wajib intens diperhatikan selama beberapa minggu setelah operasi. Mata sehabis operasi akan sangat sensitif terhadap berbagai hal itu.

Pasien yang menjalani operasi konvensional demi menyembuhkan katarak harus bersiap menerima sayatan kurang lebih 10 mm. Besarnya sayatan ini membuka lebar kemungkinan waktu penyembuhan katarak melalui operasi konvensional jauh lebih lama daripada operasi dengan prosedur phaco.

Operasi Phaco bagi Penderita Katarak

Lain dengan operasi konvensional, operasi phaco yang digunakan untuk menyembuhkan mata katarak menggunakan teknologi mesin centurion vision system. Perkembangan teknologi msa kini semakin memudahkan dokter untuk melakukan penyembuhan. Di samping itu juga memberikan keuntungan bagi pasien agar lebih cepat merasakan kesembuhan.

Operasi dengan prosedur phaco membuat pasien hanya memiliki sayatan seluas 3 mm saja. Mesin operasi dengan metode phaco ini sudah sangat modern karena di setiap langkah operasinya selalu menyesuaikan dengan kondisi mata pasien. Kemungkinan pasien untuk merasakan sakit juga dapat lebih diminimalisir jika menempuh penyembuhan katarak dengan phaco.

Barangkali, di Indonesia belum semua rumah sakit mata sudah menerapkan metode penyembuhan dengan phaco. Rumah sakit mata di perkotaan, terutama rumah sakit besar tidak asing dengan metode ini. Namun, hal tersebut belum tentu sama ketika kita menyambangi rumah sakit mata di daerah.

Untuk kisaran biaya yang harus dikeluarkan tentu lebih besar dibandingkan operasi konvensional. Hal ini seragam dengan alat-alat medis yang digunakan. Operasi katarak phaco membutuhkan teknologi kekinian yang lebih canggih. Risiko minim juga bisa menjadi alasan biaya mahal tersebut.

Mata adalah organ vital yang berperan penting untuk menopang kehidupan setiap manusia. Sayangnya, berbagai aktivitas kerap menjadi pemicu yang merusak mata. Padahal, ketika mata rusak banyak hal yang nikmatnya berkurang. Namun, ketika sudah terlanjur, hal yang bisa dilakukan adalah mengobati mata, salah satunya dengan menerapkan operasi phaco pada mata katarak. (Sumber : RSIJ Pondok Kopi )

Rekomendasi Untuk Anda