Beranda » Tebar Qurban BMH 1445 “Bahagia Dengan Berqurban”Berbagi Kepedulian Sosial

Tebar Qurban BMH 1445 “Bahagia Dengan Berqurban”Berbagi Kepedulian Sosial

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) setiap tahunnya selalu aktif dalam menyalurkan hewan qurban ke berbagai daerah, terutama daerah yang masih membutuhkan. Pada tahun 1445 H, BMH kembali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program "Tebar Qurban BMH 1445 H" dengan tema "Bahagia Dengan Berqurban"

by yadi djadie
Tebar Qurban BMH 1445 “Bahagia Dengan Berqurban”Berbagi Kepedulian Sosial

BISNISTIME.COM, JAKARTA–Hari Raya Idul Adha, yang dikenal juga sebagai Hari Raya Qurban, adalah momen yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan Dzulhijah ini, umat Islam menunaikan ibadah qurban sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) setiap tahunnya selalu aktif dalam menyalurkan hewan qurban ke berbagai daerah, terutama daerah yang masih membutuhkan. Pada tahun 1445 H, BMH kem

Konferensi Pers BMH “Bahagia Dengan Berqurban”

Konferensi Pers BMH “Bahagia Dengan Berqurban”

bali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program “Tebar Qurban BMH 1445 H” dengan tema “Bahagia Dengan Berqurban”, Jumat  (31/05/2024).

Artis senior dan sosok figur Dik Doank selaku Influencer BMH dalam konferensi Persnya di Bangi Kopi Jakarta mengatakan bahwa berqurban memiliki makna keutamaan yang sangat mendalam dalam Islam. Selain sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan kepada Allah SWT, qurban juga merupakan simbol kepedulian sosial. Hewan yang disembelih dan dagingnya dibagikan kepada yang membutuhkan, memberikan kebahagiaan dan kegembiraan kepada mereka yang mungkin jarang menikmati daging. Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang selalu menekankan pentingnya berbagi kepada sesama,tutur Dik Doank, kamis (30/5).

Dengan keutamaan berqurban tidak hanya dirasakan oleh penerima qurban, tetapi juga oleh mereka yang berqurban. Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak Adam pada Hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai Allah selain berqurban. Sesungguhnya qurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah qurban itu akan sampai kepada Allah sebelum darah itu jatuh ke tanah. Maka berqurbanlah dengan hati yang ikhlas.”tegasnya.

Kebahagiaan Berqurban

Dik Doank juga menjelaskan Kebahagiaan dalam berqurban bukan hanya dirasakan oleh penerima manfaat, tetapi juga oleh para muqorribin (orang yang berqurban). Dengan berqurban, kita meneladani ketulusan dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Meski akhirnya Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba, peristiwa ini menjadi simbol pengorbanan dan keikhlasan yang luar biasa,tuturnya.

Supendi selaku Direktur Utama BMH disela konferensi persnya juga mengatakan bahwa “ Berqurban juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar umat Islam. Kebersamaan dalam mempersiapkan, menyembelih, dan membagikan daging qurban menjadi sarana untuk saling mengenal dan mempererat ukhuwah Islamiyah,ujarnya.

Baitul Maal Hidayatullah gelar Program “Bahagia dengan Berqurban” untuk Menebar Kebahagiaan ke Pedalaman hingga Tapal Batas Negara Baitul Maal Hidayatullah (BMH), organisasi filantropi yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan, kembali menghadirkan program istimewa “Bahagia dengan Berqurban” dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H. Program ini bertujuan untuk menebar kebahagiaan dan berbagi kepada sesama, khususnya bagi mereka yang membutuhkan, melalui penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban, terutama ke masyarakat pedalaman, pesisir, terpencil hingga tapal batas negara dan lintas negara,tegas Supendi.

“Melalui program ‘Bahagia dengan Berqurban”, BMH mengajak kaum muslimin di Indonesia untuk berpartisipasi dalam ibadah mulia ini dan merasakan kebahagiaan dalam berbagi. Qurban tidak hanya menjadi bentuk ibadah, tetapi juga kesempatan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu,” ujar Direktur Utama BMH, Supendi. BMH menyediakan berbagai pilihan hewan kurban dengan harga terjangkau, mulai dari kambing, sapi, hingga paket kurban Nusantara yang akan didistribusikan ke daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia bahkan luar negeri seperti di Kenya, Somalia, Tanzania, dan lain sebagainya.

BMH juga memastikan proses penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dilakukan dengan profesional, aman, dan higienis, serta tepat sasaran kepada yang membutuhkan. “Tahun ini, BMH menargetkan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban sebanyak 14.000 ekor, baik di dalam maupun luar negeri. Kami juga membuka donasi untuk program Qurban Tanpa Batas yang akan disalurkan kepada saudara-saudara muslim di negara-negara Afrika dan Asia yang mengalami kesulitan pangan,” tambah Sudirman.

Program Tebar Qurban BMH 1445 H

Program Tebar Qurban BMH 1445 H merupakan kegiatan berkelanjutan untuk menyebarkan kebahagiaan kepada sebanyak mungkin kaum dhuafa di berbagai pelosok negeri. Dengan tema “Bahagia Dengan Berqurban”, BMH mengajak masyarakat untuk bersama-sama menebarkan kebahagiaan melalui ibadah qurban.

  1. Pendataan dan Penyaluran Hewan Qurban
    • BMH melakukan pendataan daerah-daerah yang membutuhkan bantuan hewan qurban.
    • Hewan qurban yang disalurkan dipastikan dalam kondisi sehat dan layak sesuai dengan syariat Islam.
    • Proses penyembelihan dan distribusi daging qurban dilakukan dengan transparan dan profesional.
  2. Kemitraan dan Partisipasi Masyarakat
    • BMH bekerja sama dengan berbagai lembaga dan komunitas untuk memperluas jangkauan penyaluran qurban.
    • Masyarakat diajak untuk berpartisipasi melalui donasi atau dengan menyumbangkan hewan qurban secara langsung.
  3. Pemberdayaan Ekonomi Lokal
    • Selain menyalurkan hewan qurban, BMH juga memberdayakan peternak lokal dengan membeli hewan qurban dari mereka.
    • Ini membantu meningkatkan perekonomian daerah dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat setempat.

Melalui program Tebar Qurban BMH 1445 H, mari kita bersama-sama menyebarkan kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dengan berqurban, kita tidak hanya menunaikan salah satu ibadah yang dicintai Allah, tetapi juga turut serta dalam membangun solidaritas dan kepedulian sosial. Semoga qurban kita diterima oleh Allah SWT dan membawa berkah serta kebahagiaan bagi semua.

Imam Nawawi selaku Kepala Humas BMH Pusat tegaskan bahwa dengan target penerima manfaat  860.700 jiwa  BMH mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam program “Bahagia dengan Berqurban” dan menjadi bagian dari kebahagiaan berbagi di Hari Raya Idul Adha. Donasi dapat dilakukan melalui berbagai kanal, seperti website BMH, transfer bank, atau melalui gerai-gerai BMH yang tersebar di seluruh Indonesia. Sekilas BMH Baitul Maal Hidayatullah (BMH) adalah organisasi filantropi yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dakwah, ekonomi dan kemanusiaan. BMH didirikan pada tahun 2000 dan telah memiliki jaringan di 34 provinsi. BMH fokus pada program-program pemberdayaan masyarakat, kemanusiaan, dan edukasi dalam payung besar program dakwah dan pendidikan.

Informasi lebih lengkap “Bahagia dengan Berqurban” link https://bmh.or.id

Rekomendasi Untuk Anda