Beranda » STAB Nalanda Resmi Alih Status jadi Institut Nalanda, Pecahkan Rekor MURI

STAB Nalanda Resmi Alih Status jadi Institut Nalanda, Pecahkan Rekor MURI

Dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama RI tersebut STAB Nalanda yang saat ini sudah resmi menyandang nama Institut Nalanda berhasil memecahkan rekor MURI

by yadi djadie
STAB Nalanda Resmi Alih Status jadi Institut Nalanda, Pecahkan Rekor MURI

BISNISTIME.COM,  JAKARTA – Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda saat ini telah resmi beralih status menjadi Institut Nalanda. Alih status tersebut dinyatakan secara resmi dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama RI No. 452 tahun 2024 tentang izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda menjadi Institut Nalanda, Kamis (11/7/ 2024).  Dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama RI tersebut STAB Nalanda yang saat ini sudah resmi menyandang nama Institut Nalanda berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Perguruan Tinggi Buddha pertama yang menyandang status Institut, Rabu 10 Juli 2024.

Menurut Ketua Yayasan Romo Tan Tjoe Liang Transformasi ini bukan semata-mata untuk kepentingan Nalanda, tetapi lebih dari itu adalah untuk kemajuan pendidikan agama Buddha di Indonesia. Peningkatan status menjadi Institut Nalanda ini harus juga dimaknai sebagai tantangan baru untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan global.

“Tentu dengan berhasilnya mendapat pengakuan rekor MURI ini adalah sesuatu yang membanggakan, tetapi yang lebih penting adalah esensi meningkatkan Pendidikan buddhis di Indonesia,”ujarnya.

Rektor Institut Nalanda, Dr. Sutrisno, S.IP.,M.Si mengatakan bahwa proses peralihan status dari STAB menjadi Institut telah dicanangkan sejak Tahun 2019. Ada 3 hal yang didiskusikan untuk menaikan level Nalanda yaitu; akreditasi prodi naik level, kelembagaan naik level dan jumlah mahasiswa naik level. Dalam sambutannya Rektor berharap hadirnya Institut Nalanda memberikan dampak sosial ekonomi kepada masyarakat yang lebih nyata dan ikut andil dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Telah resminya Institut Nalanda saat ini menjadikan Institut Nalanda sebagai Institut pertama dan saat ini satu-satunya di Indonesia. Hal ini menjadi harapan bagi Institut Nalanda sendiri untuk meningkatkan peran perguruan tinggi keagamaan Buddha di Indonesia dan memperluas jangkauan untuk memenuhi kebutuhan SDM di Indonesia.

Dalam sambutannya Direktur Urusan Agaman Buddha Kemenag RI, Nyoman Suriadarma, S.Pd.,M.Pd., M.Pd.B berharap hadirnya Institut Nalanda dapat memenuhi tujuan meningkatkan kemampuan intelektual, membentuk etika moral, membekali individu dalam keterampilan dan membantu menciptakan masyarakat yang toleran dan harmoni serta terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah melalui Tridharma Perguruan Tinggi.

Capaian ini alih status menjadi Institut ini dirayakan dalam acara Grand Launching Insitut Nalanda yang diselenggarakan di Auditorium KH. M. Rasjidi Kementerian Agama RI. Turut hadir para pendiri, donator, mitra kerja sama, sivitas akademika serta tamu undangan.

 

 

Rekomendasi Untuk Anda