Beranda » Meriahkan Harganas 2024, BAZNAS Salurkan Bantuan Program Z-Auto di 15 Kabupaten/Kota di Jateng

Meriahkan Harganas 2024, BAZNAS Salurkan Bantuan Program Z-Auto di 15 Kabupaten/Kota di Jateng

by fatkur bisnistime
Z-Auto

BISNISTIME.COM, SEMARANG–Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menyalurkan bantuan program Z-Auto kepada 15 montir penerima manfaat yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah.

Secara simbolis, penyerahan bantuan program Z-Auto tersebut diselenggarakan dalam acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 yang digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/6/2024).

Plt. Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR BAZNAS RI, Eka Budhi Sulistyo, menyampaikan, Z-Auto merupakan sebuah program pemberdayaan UMKM di bidang usaha bengkel motor yang akan dikelola para mustahik binaan BAZNAS. Dalam hal ini, BAZNAS RI bekerja sama dengan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah untuk menyukseskan program Z-Auto, yang telah memberi manfaat kepada para mustahik di wilayah lain.

“BAZNAS RI bekerja sama dengan BAZNAS provinsi Jawa Tengah dan juga 15 kabupaten/kota se-Jawa Tengah menyalurkan paket bantuan program Z-Auto kepada 15 montir mustahik yang ada di 15 kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah,” katanya.

“Bantuan yang diberikan itu berupa modal usaha yang kita siapkan berupa tempat usaha, kemudian alat-alat usaha, juga kompresor, serta seragam untuk para mustahik, kemudian kita berikan modal kerja yaitu barang-barang fast moving seperti oli, sparepart, dan juga beberapa barang lainnya yang dapat digunakan sebagai aktivitas kegiatan di Z-Auto,” ucap Eka.

Eka menjelaskan, pada program Z-Auto, BAZNAS tidak hanya memberikan bantuan modal saja kepada montir mustahik. Namun juga memberikan pelatihan dan pendampingan teknis secara berkala demi mendorong kemandirian ekonomi mustahik.

“Dalam Z-Auto kami juga memberikan pendampingan, karena pendampingan adalah satu hal yang penting kita lakukan untuk bisa memantau bagaimana perkembangan Z-Auto, bagaimana mengatasi kendala, dan bagaimana para montir dapat melakukan kegiatan pengembangan usaha,” jelasnya.

“Juga kami berikan pelatihan-pelatihan kepada para montir Z-Auto untuk dapat lebih memperkuat dan meningkatkan performa kerja mereka sehingga pelayanan mereka kepada pelanggan bisa lebih baik,” ujar Eka.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., mengatakan dalam program ini BAZNAS menyeleksi ketat para penerima manfaat agar tepat sasaran dan jatuh di tangan orang yang berhak. Proses seleksi mustahik dilakukan oleh masing-masing BAZNAS kabupaten/kota.

“Jadi mereka melakukan seleksi terhadap montir-montir yang ada di sekitar mereka kemudian menetapkan mereka sebagai penerima bantuan,” kata Saidah.

Selain itu, Saidah melanjutkan, BAZNAS juga akan mengawal dan mengevaluasi secara berkala perkembangan para penerima manfaat. Nantinya pula, BAZNAS akan mengembangkan usaha para mustahik dengan berbagai cara, salah satunya menggandeng sejumlah perusahaan.

“Jangka waktu kegiatan kita akan melakukan pengecekan dan evaluasi selama satu tahun, bagaimana perkembangannya dan kemudian kita akan tingkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan supaya nanti Z-Auto bisa terus berkembang dan bisa berafiliasi dengan perusahaan dalam konteks pengembangan dan pemeliharaan,” ujarnya.

Selain Z-Auto, BAZNAS juga menghadirkan program-program unggulan di antaranya program ZChicken, ZCoffee, dan Layanan Kesehatan Gratis Rumah Sehat BAZNAS (RSB) dalam rangkaian peringatan Harganas 2024 yang digelar di Semarang mulai 25 sampai 29 Juni 2024 tersebut.

Rekomendasi Untuk Anda