Beranda » Mau Beli Rumah, Perhatikan Hal ini Dahulu

Mau Beli Rumah, Perhatikan Hal ini Dahulu

by Hiru Muhammad

BISNISTIME.COM,JAKARTA–Kepemilikan rumah khususnya rumah pertama bagi masyarakat Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Selain kebanggaan sebagai tempat tinggal, hunian menjadi salah satu simbol kesuksesan seseorang yang telah mampu mandiri.

Menurut Pinhome, pionir platform property-tech kepemilikan rumah pertama yang banyak dicari biasanya berbentuk rumah baru dengan harga di bawah Rp 600 juta. Lokasi paling banyak dicari bergeser keluar Jakarta, yaitu Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok dan Bandung.

Kebutuhan kredit semakin berkembang, dimana minat terhadap KPR takeover meningkat karena potensi penghematan hingga 25% dari total cicilan. Pembagian THR menjadi pemicu transaksi, dimana transaksi pembelian properti meningkat hingga dua kali lipat setelah THR diterima.

Ali Tranghanda selaku Executive Director, Indonesia Property Watch mengatakan, tahun 2023 sebagai momentum yang tepat untuk membeli properti. “Kami optimis di tahun ini industri properti tidak akan kehilangan daya beli, dilandasi dengan kekuatan pasar lokal dan ekonomi fundamental Indonesia,” katanya.

Jika mampu, lebih baik beli properti di tahun 2023 daripada menunggu di tahun-tahun depan. Harga properti akan makin bersahabat di tahun politik ini. Setelah pemilu, bisa jadi harga properti akan naik seiring kenaikan permintaan.

Selain itu Ali juga menyarankan untuk memanfaatkan bunga KPR yang melandai atau di bawah bunga sebelum pandemi. Jika menggunakan pihak ketiga untuk membeli properti, seperti agen atau platform digital, pastikan sudah terpercaya dan memberikan transparansi untuk proses dan biaya yang harus dikeluarkan.

Selain itu, pascapandemi kebutuhan alih daya (outsource) perawatan rumah terus meningkat, terutama jasa membersihkan rumah yang naik 2,5x lipat di tahun 2022. “Pinhome tidak hanya menyediakan lebih dari 700 ribu properti yang berbeda, tapi juga pendanaan dan perawatan properti. Solusi hulu ke hilir ini kami hadirkan untuk membantu masyarakat Indonesia memiliki rumah untuk pertama kalinya,” kata CEO dan Founder Pinhome, Dayu Dara Permata, dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Menurut data internal, empat dari lima pengguna Pinhome adalah pembeli properti pertama dan 93% pengguna mencari rumah untuk ditinggali. Saat ini, Pinhome telah bekerjasama dengan lebih dari 20 ribu agen properti, 20 institusi jasa keuangan untuk pendanaan properti dan juga lebih dari 8 ribu penyedia layanan perawatan Pinhome Service.

 

 

Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Comment