Beranda » Kemendes PDTT Raih Penghargaan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

Kemendes PDTT Raih Penghargaan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

Piagam penghargaan kearsipan tersebut diterima langsung oleh Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan Kemendes PDTT, Andi Nita Arie di Samarinda, Kalimantan Timur

by yadi djadie
Kemendes PDTT Raih Penghargaan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

BISNISTIME.COM, SAMARINDA — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berhasil memperoleh kategori “AA” atau “Sangat Memuaskan” dari hasil pengawasan kearsipan yang diselenggarakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Senin (10/6).

Kemendes PDTT berhasil meraih penghargaan dalam kategori kearsipan dengan predikat “Sangat Memuaskan”. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi KEMENDES PDTT dalam mengelola arsip dan informasi secara efektif, efisien, dan inovatif.

Piagam penghargaan kearsipan tersebut diterima langsung oleh Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan Kemendes PDTT, Andi Nita Arie di Samarinda, Kalimantan Timur, pada Rabu (29/5).

Adapun aspek penilaian yang dinilai dalam bidang kearsipan meliputi kebijakan kearsipan, program kearsipan, pengelolaan arsip, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) kearsipan, serta prasarana dan sarana kearsipan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian ANRI dalam evaluasi reformasi birokrasi.

Andi Nita mengatakan, Kemendes PDTT akan terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dalam bidang kearsipan.

Diharapkan penghargaan ini akan menjadi pemicu untuk tertib arsip yang menjadi salah satu indikator penting dalam meningkatkan akuntabilitas untuk mewujudkan reformasi birokrasi.

“Komitmen seluruh unit kerja untuk perbaikan kinerja kearsipan terus ditingkatkan untuk mewujudkan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” ujar Nita.

Dan penghargaan ini tidak hanya menjadi prestasi bagi Kemendes  PDTT tetapi juga menjadi motivasi bagi kementerian dan lembaga lainnya untuk terus meningkatkan pengelolaan arsip mereka. Dengan pengelolaan arsip yang baik, diharapkan dapat tercipta tata kelola pemerintahan yang lebih baik, transparan, dan akuntabel.

Kemudian penghargaan kearsipan kategori “Sangat Memuaskan” yang diterima oleh Kemendes  PDTT merupakan bukti nyata dari komitmen dan kerja keras dalam meningkatkan kualitas pengelolaan arsip. Semoga pencapaian ini dapat terus dipertahankan dan menjadi inspirasi bagi institusi lainnya untuk selalu berupaya mencapai standar terbaik dalam pengelolaan arsip, tuturnya.

Rekomendasi Untuk Anda