Beranda » Idul Adha 2024 Kebersama Lintas Pengurus RT dan Kader di RW 13 Rangkapan Jaya Depok

Idul Adha 2024 Kebersama Lintas Pengurus RT dan Kader di RW 13 Rangkapan Jaya Depok

Idul Adha merupakan Lintas momen kebersamaan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Tahun ini, RW 13 Parung Bingung, Depok, merayakan Idul Adha

by yadi djadie
Idul Adha 2024 Kebersama Lintas Pengurus RT dan Kader di RW 13 Rangkapan Jaya Depok

BISNISTIME.COM- DEPOK, Idul Adha merupakan Lintas momen kebersamaan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Tahun ini, RW 13 Parung Bingung, Depok, merayakan Idul Adha dengan penuh semangat dan kebersamaan melalui kegiatan kurban yang melibatkan kebersamaan lintas Pengurus RT,  Kader Posyandu, Posbindu, dan Ibu PKK. Momen ini menjadi kesempatan emas untuk mempererat ukhuwah dan memperkuat kepedulian antarwarga, pengurus juga kader. Kegiatan ini di inisiatif oleh ketua RW

lokasi pemotongan Numol Futsal terdiri dari 1 ekor Sapi dan 2 ekor kambing hewan qurban tsb adalah sumbangan dari Kampung 99 yang di wakili oleh bapak bagas kurniawan

lokasi pemotongan Numol Futsal terdiri dari 1 ekor Sapi dan 2 ekor kambing hewan qurban tsb adalah sumbangan dari Kampung 99 yang di wakili oleh bapak bagas kurniawan

13 bapak syarifudin dan seluruh ketua RT di RW 13 parung bingung kelurahan rangkapan jaya baru kota Depok, Kamis (20/06/2024).

Persiapan kegiatan kurban dimulai beberapa minggu sebelum hari-H nya. Rapat koordinasi diadakan untuk membahas segala kebutuhan dan pembagian tugas. Pengurus Kader Posyandu, Posbindu, dan Ibu PKK bekerja sama dalam mengumpulkan dana kurban, memilih hewan kurban, dan menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan.

Keterlibatan aktif dari berbagai elemen masyarakat ini menunjukkan semangat gotong royong yang kuat. Setiap anggota memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing, dari pengumpulan dana hingga pengawasan proses penyembelihan dan distribusi daging kurban.

Syarifudin selaku ketua  RW 13 menegaskan ,“Kegiatan pelaksanaan Kurban session 1 terdiri 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing  di RW 13 RT 7 Gg  Golf sebagai momentum untuk berbagi dan peduli kepada sesama warga di lingkungan RW 13 . Tepatnya di RW 13 RT 7, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, Musholah Nurul Amal Rozi dan Bapak Saim Ibrahim menjadi pusat pelaksanaan kegiatan kurban tahun ini, Senin (17 /06).

Untuk session 2 Selasa (18/06) pukul 08.00 wib dihadiri oleh 7 ketua RT, 22 Pengurus kader Posyandu dan Posbindu di lokasi pemotongan Numol Futsal terdiri dari 1 ekor Sapi dan 2 ekor kambing hewan qurban tsb adalah sumbangan dari Kampung 99 yang di wakili oleh bapak bagas kurniawan,  suasana di RW 13 Parung Bingung dipenuhi dengan rasa syukur dan kegembiraan. Penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan penuh khidmat oleh petugas yang sudah terlatih, sesuai dengan syariat Islam. Proses penyembelihan disaksikan oleh warga, memberikan nuansa kebersamaan yang hangat.

Pengurus RT,  Kader Posyandu dan Posbindu berperan dalam memastikan bahwa proses penyembelihan berjalan lancar dan higienis. Mereka juga membantu dalam pemotongan dan pengemasan daging kurban agar siap didistribusikan.

Distribusi Daging Kurban yang Merata

Syarifudin selaku ketua RW 13 juga menegaskan, “Distribusi daging kurban merupakan  bagian penting dari kegiatan ini. Pengurus RT, Ibu PKK, bersama dengan Kader Posyandu dan Posbindu, bertanggung jawab untuk mendata penerima daging kurban”.  Pendataan dilakukan dengan cermat untuk memastikan bahwa daging kurban sampai kepada yang benar-benar tepat sasaran di lingkungan RW 13 dan Pengurus RT serta kader Posyandu, Posbindu juga ibu PKK.

Pembagian daging dilakukan secara merata dan adil. Setiap penerima daging kurban diberikan paket yang sudah dikemas rapi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Transparansi dalam distribusi ini menciptakan rasa kepercayaan dan kepuasan di kalangan warga dan pengurus RT serta Kader,tutur Syarifudin.

Adapun alokasi distribusi diberikan untuk seluruh pengurus dan staf  RW 13, kader posyandu, kader posbindu dan PKK RW 13 sebanyak 110 kantong Paket daging.

Selanjutnya ketua posyandu ibu sri winarsih juga mengucapkan banyak terima kasih kepada ketua RW 13 yang selalu memperhatikan  seluruh kadernya baik posyandu maupun posbindu, pengurus RW dan RT dengan memberikan daging kurban buat kami, karna semenjak beliau menjadi RW kami selalu potong hewan qurban buat kader kami dan pengurus RW dan RT, semoga kegiatan ini selalu berjalan terus

Kemudian dari ketua PKK RW 13 ibu Tutut herawati mengungkapkan ini sebagai apresiasi kami pengurus RW buat kader kami semoga kegiatan ini menjadi kegiatan rutinitas kita setiap tahun dan berkesinambungan, tegasnya.

Kegiatan Sosial dan Edukasi

Selain kegiatan kurban, Idul Adha di RW 13 Parung Bingung juga biasanya dengan berbagai kegiatan sosial dan edukasi. Pengurus Kader Posyandu dan Posbindu mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis, yang meliputi pengecekan tekanan darah, gula darah, dan konsultasi kesehatan. Pemeriksaan ini sangat membantu terutama bagi warga yang jarang mendapatkan layanan kesehatan.

Ibu PKK juga menyelenggarakan penyuluhan tentang pentingnya menjaga pola makan sehat, vaksinasi, dan kebersihan lingkungan. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan warga tentang kesehatan tetapi juga mempererat hubungan antarwarga melalui interaksi dan diskusi yang konstruktif.

Perayaan Idul Adha tahun ini menjadi bukti nyata bagaimana kebersamaan dan gotong royong dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Keterlibatan aktif  pengurus RT  kader Posyandu, Posbindu, dan Ibu PKK menciptakan semangat ukhuwah yang kuat, menjadikan Idul Adha lebih bermakna.

Momen ini juga mengingatkan kita akan pentingnya kepedulian terhadap sesama. Dengan saling berbagi dan membantu, kita dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan penuh kasih sayang. Semoga semangat Idul Adha ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berbuat kebaikan di masa mendatang, ujar Syarifudin.

Idul Adha di RW 13 Parung Bingung, Depok, tahun ini telah menjadi momen berharga yang mempererat ukhuwah dan kepedulian antar pengurus, kader dan warga. Melalui kegiatan kurban yang melibatkan Pengurus RT, Kader Posyandu, Posbindu, dan Ibu PKK, kita telah menunjukkan bahwa dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, kita dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan penuh kasih sayang. Semoga semangat ini terus terjaga dan menginspirasi kita untuk terus berbuat kebaikan di masa mendatang, imbuhnya

Rekomendasi Untuk Anda