Beranda » Netmonk: Solusi Berbasis AI untuk Optimalkan Kualitas Jaringan Perusahaan

Netmonk: Solusi Berbasis AI untuk Optimalkan Kualitas Jaringan Perusahaan

by Rahmat Ruskha
Netmonk: Solusi Berbasis AI untuk Optimalkan Kualitas Jaringan Perusahaan

BISNISTIME.COM, Jakarta – Seiring berkembangnya transformasi digital, stabilitas dan keandalan jaringan menjadi elemen penting bagi kelancaran operasi perusahaan. Menjawab kebutuhan ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui produk andalannya, Netmonk, menghadirkan solusi monitoring jaringan berbasis Artificial Intelligence (AI) yang memungkinkan perusahaan memaksimalkan kinerja jaringan mereka. Dengan teknologi Predictive Analytics berbasis AI, Netmonk mampu menganalisis ribuan data jaringan secara real-time, mengidentifikasi anomali dan pola yang berpotensi mengganggu. Hal ini memungkinkan tim IT untuk bertindak proaktif, mencegah masalah bahkan sebelum terjadi, yang jauh lebih efisien dibanding metode reaktif tradisional.

Banyak perusahaan yang masih mengandalkan pemantauan jaringan secara manual, sehingga cenderung lambat dalam mendeteksi masalah, mengakibatkan downtime tak terduga dan kerugian besar. Solusi AI pada Netmonk membantu mendeteksi masalah jaringan dengan cepat, memberikan rekomendasi untuk langkah-langkah pencegahan yang dibutuhkan sebelum gangguan berdampak pada operasional bisnis.

“Teknologi AI dan predictive analytics dari Netmonk membantu perusahaan menjaga stabilitas jaringan secara proaktif dan efisien, yang berdampak pada pengurangan downtime. Hal ini tentunya mendukung kelancaran bisnis secara berkelanjutan,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.

Tantangan Sistem Monitoring Jaringan Tradisional

Sistem pemantauan jaringan tradisional sering kali menemui kendala, seperti keterlambatan dalam identifikasi masalah, karena hanya mendeteksi gangguan setelah masalah terjadi. Dampak dari keterlambatan ini bisa signifikan, seperti downtime operasional yang mengganggu bisnis. Selain itu, volume data jaringan yang besar membutuhkan analisis manual yang sangat melelahkan, sementara pemeliharaan jaringan dilakukan tanpa melihat kondisi aktual, melainkan berdasar jadwal tetap. Akibatnya, waktu dan sumber daya sering terbuang percuma.

Solusi Cerdas dari Netmonk: Monitoring Proaktif dan Efisien

Netmonk, yang merupakan bagian dari Leap Telkom Digital, menghadirkan sistem pemantauan jaringan generasi baru melalui predictive analytics berbasis AI. Dengan kemampuan menganalisis data secara real-time, Netmonk dapat mendeteksi potensi masalah yang mungkin tidak teridentifikasi oleh analisis manusia. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk secara akurat memprediksi dan mencegah gangguan sebelum berdampak pada pengguna akhir. Inovasi ini juga terbukti mampu mengurangi downtime hingga 40%, berkat sistem peringatan dini yang memberi informasi kepada tim IT sebelum masalah memburuk.

Dengan predictive analytics pada aplikasi Netmonk, perusahaan dapat mengelola energi dan sumber daya dengan lebih optimal. Teknologi ini memungkinkan pemanfaatan jaringan yang lebih efisien, tidak hanya mendukung keberlanjutan bisnis tetapi juga mengurangi dampak lingkungan.

Dengan analisis mendalam dan prediktif dari aplikasi monitoring Netmonk, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan, menurunkan risiko downtime, serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Transformasi digital melalui monitoring berbasis AI ini tidak hanya mendukung efisiensi operasional tetapi juga memberikan daya saing lebih bagi perusahaan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

 

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds