Beranda » Mengubah Cara Kerja Profesional Muda Agar Lebih Efektif dan Bahagia dengan Playsonality

Mengubah Cara Kerja Profesional Muda Agar Lebih Efektif dan Bahagia dengan Playsonality

by Fatkur Rohman
Profesional

BISNISTIME.COM, JAKARTA  –  Generasi profesional muda, utamanya Gen Z, punya karakter berbeda dengan generasi lainnya. Tak heran mereka kerap menghadapi tantangan termasuk di dunia kerja karena punya sifat yang diklaim negatif. Salah satunya seperti  punya rentang perhatian yang lebih pendek, loyalitas rendah, gampang sinis, kurang kerja sama tim, etos kerja rendah, hingga kecenderungan butuh kepuasan dan pengakuan instan di tempat kerja. Akibatnya, mereka gampang terkena burnout karena frustrasi dengan lingkungannya (24/10).

“Sebenarnya kaum profesional muda Indonesia bisa memilih pendekatan inovatif dalam meningkatkan keterlibatan dan produktivitas mereka di dunia kerja dengan memanfaatkan metode unik yang menggabungkan keilmuan psikologi, permainan, dan pengembangan diri,” kata Yulius Pratama Suharto, seorang Playsonality Coach pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Konsep yang dikenal sebagai Playsonality tersebut diklaim mampu membantu para profesional muda bekerja dengan lebih efektif dan Bahagia.  Playsonality menawarkan cara baru untuk menghadapi tantangan yang kerap dihadapi profesional muda. Metodenya dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi di tempat kerja sekaligus membangun kesadaran diri tentang gaya bekerja dan cara berkomunikasi yang optimal. Playsonality juga mendorong kreativitas dan inovasi dengan menghilangkan tekanan dalam lingkungan kerja. Selain itu ia meningkatkan keseimbangan antara produktivitas dan kesejahteraan.

Konsep ini muncul pertama pada 2008 di Serious Play Conference di Pasadena, California. Gagasan Playsonality™ Strategic Play® Global dibawa oleh Jacqueline Lloyd Smith, berpartisipasi dalam konferensi atas undangan LEGO® Systems. Konferensi tersebut menjadi titik awal eksplorasi konsep bermain untuk orang dewasa dan mengidentifikasi bahwa setiap orang memiliki gaya bermain yang unik.

Playsonality berangkat dari keyakinan bahwa kebahagiaan dan produktivitas dapat dicapai melalui kesenangan (pleasure), keterlibatan (engagement), dan pemaknaan (meaning). Playsonality membantu pekerja memahami potensi diri dan menemukan pola yang paling efektif untuk bekerja dalam tim maupun secara individu.

Pada 28 September 2024 Coach Yulius melalui PT Bravo Sinergi Solusi mengadaptasi Playsonality, menggabungkan pendekatan lokal dan global untuk meningkatkan kinerja tim dan kesejahteraan personal. Program ini menggunakan pembelajaran berbasis bermain untuk membantu peserta memahami gaya bermain mereka dan menerapkannya dalam kehidupan profesional.

“Metode ini menekankan pentingnya bermain bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang kuat. Lewat Playsonality, individu dapat menggali gaya bermain yang memengaruhi pola kerja, komunikasi, dan cara mereka memproses informasi,” jelas penulis buku best seller “Great Leader in You” dan “Menaklukkan Gen Z” ini.

Mengapa bermain dianggap penting di dunia kerja? Riset menunjukkan bahwa bermain mampu meningkatkan kemampuan kognitif, keterampilan pemecahan masalah (problem-solving), dan kreativitas. Dalam lingkungan kerja, bermain membuka ruang bagi karyawan untuk merasa lebih terhubung dengan pekerjaan dan rekan kerja mereka, sehingga meningkatkan keterlibatan dan loyalitas.

Di tengah tren employee engagement (keterlibatan karyawan) yang semakin penting dalam era pasca-pandemi, Playsonality hadir sebagai pendekatan segar dengan memahami bahwa setiap orang memiliki “play personality” unik. Mereka bisa mengadopsi karakter “Director”, yang tegas dan fokus pada hasil. Ia bisa menjadi “Innovator” yang kreatif dan suka bereksperimen. Karyawan dapat pula menyerap karakter ”Connector”, yakni sosok yang sosial dan komunikatif. Sedangkan “Energizer” adalah pribadi yang penuh semangat dan fun.  Seorang profesional muda dapat dibantu untuk menemukan cara paling alami untuk bekerja dan berkembang melalui karakter-karakter di atas.

Coach Yulius, yang menuntaskan studi magister dan profesinya di Universitas Katolik Atma Jaya, menyediakan layanan untuk menolong para profesional  kisaran usia 25 hingga 35 tahun yang tengah mencari pendekatan baru dalam pengembangan diri dan karier. Melalui sesi workshop dan coaching yang ia pandu, peserta dapat mengeksplorasi kekuatan unik mereka, meningkatkan keterampilan interpersonal, dan belajar mengintegrasikan keceriaan (playfulness) ke dalam aktivitas profesional sehari-hari.

Pria yang berlatar belakang pendidikan di bidang psikologi, soft skills training, dan LEGO® Serious Play mendirikan Bravo Playsonality dan merupakan Playsonality Coach pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sebagai seorang coach sekaligus praktisi psikologi, ia berkomitmen untuk membantu perusahaan dan profesional muda Indonesia meningkatkan performa melalui pendekatan yang fun namun bermakna. Menurutnya, metode Playsonality telah digunakan dalam berbagai workshop dan sesi coaching untuk klien korporasi, serta diakui sebagai alat yang efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.

“Kami percaya bahwa cara kerja terbaik bukan hanya soal bekerja keras, tetapi juga bekerja dengan cerdas dan gembira,” kata Coach Yulius menutup pembicaraan.

 

 

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds