Beranda » 5 Desa Bakti BCA Gairahkan Bisnis Pariwisata Lokal ke Mancanegara

5 Desa Bakti BCA Gairahkan Bisnis Pariwisata Lokal ke Mancanegara

Kini semakin populernya tren slow living yang berusaha menemukan lingkungan lebih tenang menyatu dengan alam

by Hiru Muhammad
pariwisata

BISNISTIME.COM,JAKARTA–Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan hingga Maret 2024, terdapat 4.812 desa wisata di Indonesia. Jumlah itu meningkat dari 4.674 desa wisata pada tahun 2023. Tren kenaikan ini didorong keunggulan pedesaan berupa kekayaan alam, budaya, dan sejarah leluhur yang mampu menawarkan kenyamanan dan ketenangan dari hiruk-pikuk kehidupan kota, termasuk untuk perjalanan wisata tematik.

Apalagi dengan semakin populernya tren slow living yang berusaha menemukan lingkungan lebih tenang, harmonis dan dekat dengan alam, membuat keinginan untuk menyambangi pedesaan pun semakin meningkat. Potensi desa wisata juga dapat diberdayakan sebagai sumber pemasukan devisa negara, memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalamnya.

Melihat tren tersebut Desa Bakti BCA yang merupakan desa wisata binaan BCA, terus berkembang. Upaya tersebut berhasil menarik perhatian banyak platform perjalanan internasional dari berbagai negara. Seperti China, Filipina, Vietnam, Jepang, Jordania, Turkey, Czech Republic, dan Slovakia selama Wonderful Indonesia Travel Fair (WITF) 2024 pada 2 – 4 Oktober 2024.

WITF 2024 sendiri merupakan ajang strategis yang diinisiasi oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dengan tujuan mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional, dengan mempertemukan lebih dari 150 perwakilan travel agents (buyers) lebih dari 30 negara dan 170 pelaku industri pariwisata Indonesia.

“BCA dalam menumbuhkan perekonomian daerah melalui Desa Bakti BCA kami lakukan secara holistik, mulai dari pembinaan, pengembangan, hingga promosi,” kata EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn dalam keterangan resminya.

BCA mengajak 5 desa binaannya untuk hadir mempromosikan wisata dan kekayaan daerahnya di WITF 2024. Yakni Desa Wisata Kampung Adat Nagari Sijunjung Sumatera Barat, Desa Wisata Taro Bali, Desa Wisata Hijau Bilebante Lombok, Desa Wisata Tamansari Banyuwangi dan Wisata Wayang Desa Wukirsari Yogyakarta.

Tiap Desa Bakti BCA menawarkan paket liburan menarik bagi para wisatawan, seperti ‘Spiritual Journey for The Mind, Body and Soul of Indonesian Way of Life’ dan ‘Explore Desa Wisata’. Paket wisata tersebut diramu untuk menawarkan pengalaman kaya akan budaya dan keindahan alam pedesaan yang menakjubkan, yang menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara.

 

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds