Beranda » Artis Marissa Haque Meninggal Dunia, Tinggalkan Jejak di Dunia Seni dan Politik

Artis Marissa Haque Meninggal Dunia, Tinggalkan Jejak di Dunia Seni dan Politik

Marissa Haque meninggalkan warisan berharga di dunia seni, politik, dan advokasi halal Indonesia.

by Nabil Zhafiri
Marissa Haque meninggal dunia

BISNISTIME.COM, JAKARTA — Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kabar duka datang dari dunia seni dan politik Indonesia. Marissa Grace Haque, artis, penulis, sekaligus politisi, meninggal dunia di Jakarta pada Rabu dini hari (2/10/2024) sekitar pukul 02.00 WIB. Almarhumah Marissa adalah istri dari mantan aktor terkenal, Ikang Fawzi, serta ibu dari dua aktivis dan pekerja seni, Marsha Chikita Fawzi dan Bella Fawzi.

Kabar meninggalnya Marissa Haque pertama kali dilansir oleh republika.co.id (2/10/2024). Kepergian sosok yang dikenal sebagai aktris, penulis, dan politisi ini mengejutkan banyak pihak, terutama karena tidak ada kabar sebelumnya bahwa ia menderita sakit.

Salah satu yang menyampaikan rasa duka mendalam adalah CEO Halal Corner, Aisha Maharani. Dalam unggahan Instagram-nya pada Rabu pagi, Aisha mengungkapkan keterkejutannya mendengar kabar ini. Menurutnya, Marissa merupakan sosok yang selalu mendukung perjuangan para penggiat halal, khususnya dalam memberikan edukasi, konsultasi, dan advokasi terkait produk halal.

“Mba Icha, begitu saya menyapanya, sangat peduli dengan isu halal. Kami pernah bersama-sama ‘berisik’ saat memperjuangkan pasal-pasal terkait halal dalam omnibus law yang kami anggap melenceng,” tulis Aisha dalam unggahannya. Ia juga mengenang sosok Marissa sebagai pribadi yang sangat berani memperjuangkan kebenaran dan tidak takut melawan hal yang dianggap salah.

Aisha menutup unggahannya dengan doa agar keluarga Marissa diberi kesabaran, serta berharap dipertemukan dengan almarhumah di surga.

Marissa Grace Haque memiliki latar belakang pendidikan yang mengesankan. Ia merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Trisakti, spesialisasi hukum perdata, dan meraih gelar magister dalam bidang bahasa anak tuna rungu dari Universitas Katolik Atma Jaya. Selain itu, Marissa juga menyandang gelar magister administrasi bisnis (MBA) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, serta berhasil menyelesaikan gelar doktor dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor pada Februari 2012.

Di dunia politik, Marissa mulai terjun pada tahun 2004 dengan bergabung bersama PDIP. Pada 2007, ia beralih ke PPP, dan terakhir pada 2012 hingga 2024 ia tercatat sebagai anggota PAN.

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds