Beranda » Presiden Jokowi Meresmikan Pembangunan dan Renovasi Sarana Pendidikan di Kalimantan Tengah

Presiden Jokowi Meresmikan Pembangunan dan Renovasi Sarana Pendidikan di Kalimantan Tengah

by Rahmat Ruskha
Presiden Jokowi Meresmikan Pembangunan dan Renovasi Sarana Pendidikan di Kalimantan Tengah

BISNISTIME.COM, Palangka Raya – Presiden Jokowi, didampingi oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, meresmikan proyek pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi sarana serta prasarana pendidikan di Kalimantan Tengah. Acara peresmian ini terpusat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palangka Raya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa tujuan dari pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi fasilitas pendidikan ini adalah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan siswa. “Kita harapkan sumber daya manusia yang unggul benar-benar bisa kita dapatkan dari manfaat pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi yang telah dilakukan,” kata Presiden Jokowi.

Proyek pembangunan ini berlangsung selama periode 2020-2023 dengan total anggaran sebesar Rp84,2 miliar. Proyek ini mencakup pembangunan satu gedung pascasarjana, enam madrasah, dan sembilan sekolah yang tersebar di sembilan kota/kabupaten di Kalimantan Tengah. Rinciannya meliputi Gedung Pascasarjana IAIN Kota Palangka Raya, MIN 3 Barito Timur, MIN 2 Barito Selatan, MTsN 1 Katingan, MTsN 2 Kapuas, SDN 1 Anjir Mambulau Tengah, SDN 2 Mantangai Hilir, SMPN 1 Kapuas Timur, MIN 3 Pulang Pisau, SDN Dandang 1, SDN Dandang 3, SDN Purwodadi, MIN 1 Lamandau, SDN 2 Sungai Cabang, SDN 1 Parang Batang, dan SDN Tumbang Bahan.

Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Cipta Karya, menyatakan bahwa Gedung Pascasarjana IAIN sudah digunakan untuk kegiatan perkuliahan selama empat tahun, dan madrasah serta sekolah lainnya juga sudah sepenuhnya dimanfaatkan.

Rektor IAIN Palangka Raya, Ahmad Dakhoir, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas perhatian dan dukungannya terhadap pengembangan aset-aset pendidikan di wilayah tersebut. “Insya Allah bantuan pembangunan gedung setinggi tiga lantai dari PUPR ini akan sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam mengelola pendidikan pascasarjana. Semoga gedung ini dapat menampung lebih banyak mahasiswa pascasarjana dan mendukung akses pendidikan yang modern sehingga mahasiswa merasa nyaman untuk belajar,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Tengah Ade Syaiful Rachman, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II Ferry Syahrizal, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Pantja Dharma Oetojo.

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds