Beranda » Tips Renovasi Dapur Rumah Agar Memasak Lebih Menyenangkan

Tips Renovasi Dapur Rumah Agar Memasak Lebih Menyenangkan

Disain dapur yang mewakili aspirasi pemiliknya sangat penting untuk diperhatikan

by Hiru Muhammad
dapur rumah

BISNISTIME.COM, JAKARTA–Dapur  rumah merupakan salah satu ruang penting bagi penghuninya. Di tempat yang sarat dengan perkakas masak ini kemampuan ekspresi mengolah bahan makanan dibuktikan. Tak mengherankan bila dapur yang nyaman diyakini dapat memberikan efek positif bagi terciptanya masakan berkualitas dan lezat.

Karena itu keberadaan disain dapur yang mewakili aspirasi pemiliknya sangat penting untuk diperhatikan. berikut adalah 9 ide dapur minimalis minim budget yang dapat Anda terapkan.

1. Cari inspirasi model

Sebelum Anda mulai melakukan renovasi terhadap seluruh dapur, cobalah mencari inspirasi renovasi dapur minimalis seperti apakah yang Anda inginkan. Untuk dapat menemukan inspirasi renovasi dapur minimalis, Anda bisa mencoba melihat-lihat model dapur minimalis dari jepang, eropa ataupun scandinavia yang terlihat elegan dan juga indah.

2. Singkirkan semua barang

Untuk memulai proses renovasi dapur minimalis, singkirkan seluruh barang yang ada di dapur Anda. Namun proses ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Agar memudahkan, kumpulkanlah barang-barang serupa seperti menyatukan piring bersama piring lain, mangkuk, wajan, alat masak, alat makan, teflon, dll.

Dengan melakukan hal ini, setelah penyelesaian dapur Anda selesai, Anda dapat menatanya kembali dengan lebih baik dan mudah. Selain itu untuk memaksimalkan penjualan dapur minimalis, Anda juga dapat menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak berguna agar tidak memenuhi ruangan sehingga dapat mengganggu pemandangan.

3. Pilih tema / warna utama

Dari inspirasi yang ditemukan, Anda bisa mulai dari memilih warna atau tema yang Anda sukai untuk bisa digunakan di dapur minimalis Anda. Untuk memiliki dapur yang minimalis, pilihlah warna-warna yang tegas namun elegan seperti warna abu-abu, warna pastel, ataupun bisa menggunakan warna hitam.

Pastikan warna ini menjadi warna utama dan warna dari sebagian besar dapur Anda. Dengan begitu dapur akan terlihat lebih elegan dan indah.

4. Pilih perabot berkualitas tinggi

Saat memilih perabot rumah untuk merenovasi dapur minimalis, sebisa mungkin pilihlah perabot yang memiliki kualitas tinggi. Mungkin harga yang harus dibayarkan memang akan lebih tinggi. Namun, dengan memilih perabot tersebut, maka Anda akan mengurangi risiko perabot Anda rusak sebelum waktunya, sehingga Anda tidak perlu keluar uang lebih untuk perbaikan. Untuk menghemat budget, tidak ada salahnya memilih perabot bekas yang masih berkualitas, ataupun membuat perabot Anda sendiri.

5. Kurangi barang yang berfungsi sama

Untuk menerapkan sistem dapur yang minimalis, tentunya selain perabot utama, barang-barang dapur juga harus dipilih dengan baik. Setelah Anda mengeluarkan semua barang yang Anda miliki di dapur, pilihlah hanya barang yang benar-benar dibutuhkan. Jika ada banyak barang yang memiliki fungsi sama dan jarang digunakan, ada baiknya barang tersebut disimpan di gudang atau dijual kembali.

Hal ini karena barang tersebut justru akan memakan tempat yang penting di dapur dan membuatnya lebih sempit. Selain itu dengan dijual kembali Anda jadi bisa mendapatkan tambahan budget untuk menambah dapur minimalis bagian lainnya.

6. Ganti keran air

Keran air adalah salah satu perabot dapur yang sering disepelekan. Padahal tampilan dari keran air akan dapat meningkatkan desain keseluruhan dari dapur dengan sangat baik. Oleh karena itu, pilihlah keran air yang memiliki desain yang elegan dan minimalis serta warna yang sesuai dengan dapur Anda.

7. Gunakan laci tanpa knob

Zaman sekarang, Anda bisa memiliki kabinet ataupun laci yang dapat dibuka tanpa menggunakan knob. Laci dan kabinet tersebut biasanya menggunakan sistem hidrolik serta desain pegangan yang minimalis sehingga terlihat seperti menyatu dengan perabot di sekitarnya.

Penggunaan laci dan kabinet tanpa knob ini memang sedikit lebih mahal, namun tentunya dapat membuat hasil asap dapur minimalis Anda menjadi jauh lebih indah.

8. Tambahkan aksen natural

Tentunya, jangan lupa tambahkan juga aksen natural pada dapur minimalis Anda. Karena desain warna minimalis yang Anda pilih, biasanya aksen-aksen natural seperti tanaman hias, dedaunan, ataupun sedikit aksen kayu akan sangat menonjol dan terlihat sangat indah di dapur Anda.

Anda juga bisa menambahkan sebuah vas bunga bening dan meletakkan sebuah bunga ataupun satu tanaman hias di dalamnya untuk mempercantik nuansa dapur Anda.

9. Rak terapung

Jika tempat lemari yang tersedia masih belum cukup, Anda bisa menggunakan floating shelves. Floating shelves merupakan tempat penyimpanan yang sangat cocok untuk di padupadankan dengan aksen dapur minimalis karena tetap membuat permukaan dapur terlihat lebih rapi.

10. Pengunaan perabot kayu minimalis

Perabot berbahan kayu memang terkadang bisa jadi lebih murah dibanding perabot dari besi ataupun batu. Namun sayangnya, perabot dari kayu biasanya akan lebih mudah rusak, berisiko terkena rayap dan lebih sulit dibersihkan, sehingga ujung-ujungnya akan memakan biaya lebih banyak dibandingkan perabot dari bahan lain.

11. Estimasi biaya merenovasi dapur minimalis

Tentunya biaya yang akan Anda keluarkan akan beragam berdasarkan beberapa faktor. Seperti jenis perabot, bahan perabot, jasa interior designer, serta honor tukang. Pada umumnya, biaya yang harus Anda keluarkan akan berkisar mulai dari Rp 10 juta, hingga Rp 50 juta, bahkan bisa lebih tergantung jenis material bahan yang digunakan dan masa pengerjaannya.

sumber: acc.co.id

dok foto: Pinterest (ilustrasi)

Rekomendasi Untuk Anda

This will close in 0 seconds